Sabtu, 08 Agustus 2015

Jadi ibu muda (part5) - launching day! :D

Assalamu'alaikum :D

Alhamdulillahirobbil 'alamin
World, debay udah lahir!
Rasanya bahagiaaa banget
Lengkap sudah rasanya jadi seorang wanita, hehe..
Segala pertanyaanku selama hamil terjawab sudah

My baby girl is like my husband
Yapp, mukanya, matanya, bibirnya, alisnya, rambutnya yang lebih 'ketel' dari aku
Trus aku nggak disisain mirip apa2nya gituuu :3
Yahh sudahlah gapapa katanya emang anak cewek sering mirip bapaknya
Berarti  nggak ketuker sama anak orang di ruang bayi XD

Hari ini aku mau cerita soal kronologi kelahiran putri pertamaku yaa..
Mumpung najla lagi bobo cantik sama bapaknya, ibuknya surfing ria di internet :D

15 Juli 2015
Sekitar jam 1 pagi, aku ngrasa mules2 gitu
Awalnya aku pikir kontraksi palsu, jadi begitu reda aku tidur lagi
Terus selang sejam (mungkin) krasa lagi
Kali ini aku beranjak dari tempat tidur, lha wong kencengan e..
Jam 2 pagi aku udah ga bisa tidur lagi dan bangunin suami
Kontraksinya makin rutin 
10 menitan, 5 menitan, 3 menitan dan akhirnya makin sering
bikin curiga jangan2 ini kontraksi asli, bukan palsu lagi

Nah selama kontraksi itu kan rasanya mules pegel kayak lagi menstruasi itu lhoo
Jadi aku minta peluk suami trus kita gerak ke kanan kiri gitu ala2 dansa XD
Lumayan rasanya kalo dibuat gerak pegelnya berkurang
Suami pun inisiatif ngajak ke RB buat cek, jangan2 mau melahirkan beneran
Habis itu jam 3an suami sahur, aku siap2 buat ke RB
Tapi karena nggak tahan mulesnya aku cuma mringis2 sambil jalan2 muterin rumah
Sempet mual juga, muntah dikit dan akhirnya lendir pink2 pun muncul
Fix ini saya mau melahirkan sodara2 :D
Yeeeyy, bentar lagi ketemu debay yg udah 9 bulan di perut! :)

Suami selesai sahur, mamah & bapak bangun tidur mau sahur
Terus suami bilang mau nganter ke RB soalnya aku dah krasa mau nglairin
Mamah santai, bapak yang heboh :P
Bapak nyuruh cepet2 berangkat padahal aku masih siap2
Gara2 emosi nahan mules + diburu2 gitu aku sempet marah2 sekalian XP
Finally aku diboncengin suami naik motor jam 4an, sampe RB jam 4.30an

Sampe RB, aku ditanya2in bidan gitu buat daftar tapi yg jawab suami semua
(mulesnya kagak nahaaaann, udah nggak fokus :P)
Di sana mbak bidannya baik, ramah dan menyemangati wis
Sempet seneng juga dibilang kencengnya (kontraksi) udah bagus
Disemangatin mbaknya "semoga bisa lahir hari ini ya Bu.."
jadi makin optimis deh ^^,
Di ruang periksa, aku dicek VT ternyata udah bukaan 4
Yeey, alhamdulillah alamat cepet lahir ini (batinku :P)
Nah waktu di sana kebetulan ada 2 ibu2 yg juga mau melahirkan
Jadi ruang bersalinnya penuh
Aku langsung dimasukin ruang inap deh, melahirkannya di kamar itu sekalian

Di kamar, bidannya mantau terus, cek tensi, cek detak jantung debay, cek kontraksi
Seiring berjalannya waktu, kontraksi makin sering, makin kenceng dan muncul
rasa pengen ngeden, padahal aku nggak pengen ngeden
Nah rasa ini yang lumayan susah dikendalikan
Jadi bu bidan senior yg nemenin aku selalu ngecek tiap kontraksi dan ngingetin buat jangan ngeden
Terus dipandu tarik nafas panjang gitu berjam2

Sekitar jam 8an bidan kepala dateng deh
Dicek VT lagi, dan voilla! Bukaan lengkap, siap melahirkan deh ^^P
Berhubung sebelum nglairin tu aku pengen pipis tapi nggak bisa,
jadi dipasang kateter deh biar urinnya keluar
Soalnya kalo kantung kemihnya penuh bisa bikin pendarahan
Terus ketubannya dipecah, habis itu mules banget deh kayak mau BAB
Aku tarik nafas panjang, ngejan sebisanya dan lahirlah si debay cantik jam 8.48 :D
Debay lahir urut mulai kepala, tangan kanan posisi merdeka trus muter dan lahirlah seluruh badannya
Terus debay dibersihin dari lendir di mulut sama hidungnya sama bu bidan
Habis itu ditaruh deh di dada buat IMD
Nah pas debay IMD, tali pusernya dipotong sama pak suami
Yang nyuruh bu bidan, kesempatan sekali seumur hidup katanya
Untung suami rajin baca info seputar per-bumil-an, jadi tau kalau tali puser itu nggak ada sarafnya
Jadi nggak grogi pas guntingnya :p

Nah pas proses melahirkan ini, PR buatku adalah latihan ngejan yg baik & benar, hehe..
Entah salah ngejan, salah posisi ato gimana alhasil dapet jahitan perineum banyak :P
Jadi selama IMD ngeliatin debay yang mungil gremet2 di badanku gitu,
sambil sesekali jewerin kuping pak suami gara2 anestesinya masih agak berasa sakit, hehe..
Debay kayaknya masih bingung nyari puting ibuknya
Jadi dipindah di samping, terus mimik posisi miring
Amazing, rasanya menyusui debay untuk pertama kali ^^,
Habis IMD sekitar 2 jam, debay dibersihin dan akhirnya bisa deh bobo sama aku di kamar :)

Oke deh, ceritanya dilanjut besok2 lagi yaa..
Ngurus debay lagi nih, daaah :)



Minggu, 02 Agustus 2015

Jadi ibu muda (part 4)

Assalamu'alaikum :-) 

hey world! 
rencananya mau bikin status fb gara2 dirundung kejenuhan mengetik naskah wasiat nan keramat (skripsi).. 
tapi berhubung nanti kepanjangan dan akan tertumpuk begitu saja, maka lebih baik aku buat catatan aja yaa.. 

sekarang debay udah masuk 8 bulan loh :-) 
geraknya makin aktif dan pastinya debay makin gede 
makin suka nendang2 sama gelitikin perut sampe rusuk juga..
nggak kebayang sebelumnya ternyata ngetik naskah sambil momong debay yg di dalem perut itu sesuatu banget..
kalo kemarin ngerjain skripsinya sambil leha2, malah sering teralihkan sama hobi bikin kue kering, renang ato tidur seharian
sekarang udah nggak boleh gitu lagi
deadline udah mepet meik!
hehe..

jadi mahasiswi akhir sekaligus bumil itu ternyata menyenangkan sekali
serius lho :-D
kalo lagi jenuh sama skripsi & segala rupa urusan kemahasiswaan, bisa ngobrol 24 jam sama debay..
tapi resikonya kalo udah TM3 gini, badan makin berat & gampang capek gara2 nafasnya pendek2, hehe..
sekarang bb ku udah naik 10kg lhoo..
banyak juga ya :-P

hamil TM3 udah hampir akhir ini, debay udah gede
kemarin pas foto terakhir, debay bb nya 1,7kg lebih gitu
organ2nya udah lengkap
posisi kepala debay udah di bawah
gemes deh, penasaran sama debay kalo udah lahir kayak siapa
moga2 debay & bumil sehat terus yaa.. aamiin.. :-D